Sunday, February 15, 2015

Manfaat Jeruk Nipis

http://tips-obat-tradisional.blogspot.com/

Jeruk nipis, selain rasa nya yang asam, jeruk nipis juga  bisa di buat minuman, untuk menghilangkan batuk atau dahak. jeruk nipis juga sebagai bumbu tambahan untuk memasak,
untuk memberikan rasa asam pada masakan. Jeruk nipis sebutan ilmiahnya adalah Citrus aurantifolia.
Untuk menanam jeruk nipis bisa dengan biji, ataupun bibit cangkokan.


  • Kandungan Jeruk Nipis
Limonen, linalin asetat, geranil asetat, asam sitrat, Vitamin C vitamin B1, zat besi, kalsium, fosfor, fellandren dan sitral.


  • Demam
ambil beberapa helai daun jeruk nipis, rebus dengan 2-4 gelas air,  gunakan air rebusan ini untuk mengopres si penderita demam tersebut. cara mengoprres seperti biasanya dengan menggunakan handuk kecil.
  • Batuk Kronis
ambil jeruk nipis yang sudah tua, karena jeruk nipis yang tua akan mengandung banyak air dari pada jeruk nipis yang muda. potong dua atau 4 bagian agar mudah memerasnya, dan campurkan sedikit kecap manis, aduk-aduk lalu meminumnya. lakukan tiga kali sehari.
bisa juga dengan cara berikut, ambil jeruk nipis yang tua, lalu panggang jeruk tadi sampai layu, jika air sudah sampai keluar itu tandanya kandungan air dalam jeruk matang. lalu angkat belah dua, langsung peras  jeruk di dalam mulut sampai mengalir ketenggorokan, selain cara ini bisa mengobati batuk bisa di gunakan juga untuk mengobati tenggorokan berdahak atau flu.
  • Flu
peras jeruk nipis yang tua, beri air hangat, lalu meminumnya. bisa di tambahkan gula sedikit jika ingin mempunyai rasa yang berbeda atau tak menyukai rasa asam.
  • Kurang Darah
siapkan bahan ramuan seperti berikut, Daun bayam duri, 25 gr, telur ayam 2 butir,1/2 jeruk nipis, 2 sendok makan madu asli, daun tapak limau 10 gr, 
bersihkan daun bayak, daun tapak limau lalu tumbuk halus, peras ambil airnya, masukan 2 kuning telur, madu, air jeruk nipis tadi lalu aduk merata, minum dua kali sehari.
  • Menghentikan kebiasaan merokok
ambil beberapa buah jeruk nipis potong-potong lalu hisap jeruk nipis yang terasa asam itu membuat anda terangsang untuk minum air putih, selain itu air jeruk nipis bisa menghilangkan nikotin pada gigi, lakukan hal ini beberapa kali sehari, atau pada saat anda terasa ingin merokok.
merokok memang sulit untuk di sembuhkan, sebenarnya pengobatan apapun tidak akan sembuh tanpa kesadaran dari si perokok tersebut.
  • Bau ketiak
siapkan kapur sirih, dan air perasan jeruk nipis, lalu campurkan aduk merata, setelah mandi pakailah ramuan ini, diamkan beberapa menit lalu membilasnya, lakukan pada pagi hari dan sore hari.
  • menyegarkan tubuh dan merangsang keluarnya air kencing yang tidak lancar
buatlah teh seperti biasanya lalu campur dengan perasan air jeruk nipis, lalu minum, melakukan hal ini pada saat anda lelah, agar bisa membuat tubuh menjadi vit kembali seperti biasanya.

itulah beberapa khasiat jeruk nipis yang cukup di akui khasiatnya, saya pun sering melakukan nya meminum air jeruk nipis dikala batuk atau berdahak, ataupun resep seperti menyembuhkan batuk seperti di atas, semua saya sudah coba dan cukup memuaskan, seperti halnya tengah malam tiba-tiba sikecil batuk-batuk karena waktu itu sudah larut malam, di kulkas cuma ada jeruk kunci akhirnya saya peras beberapa biji dan mencampurkanya dengan sedikit kecap manis. batuknya pun mereda dan bisa tertidur pulas kembali. keesokanya pun saya sediakan jeruk nipis di kulkas, untuk berjaga-jaga. demikianlah manfaat jeruk nipis yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

No comments:

Post a Comment