Saturday, February 14, 2015

Manfaat Belimbing Wuluh



Manfaat belimbing wuluh 

Belimbing wuluh, ciri-cirinya bulat lonjong tanpa ruas-ruas seperti buah belimbing lainya. Belimbing wuluh juga dikenal sebagai Averrhoa bilimbi L. dengan pohon yang tak terlalu besar, jika berbuah, buahnya bertumpuk-tumpuk dan mudah berguguran saat mulai matang.

Belimbing wuluhpun sering digunakan sebagai bumbu masakan, atau juga sambal. dengan rasa asam yang bisa memicu nafsu makan. belimbing wuluh rasanya asam, dan banyak mengandung air. belimbing wuluh sangat cocok ditanam di tanah yang lembab agar pertumbuhanya tetap subur.

kandungan yang terdapat pada Belimbing Wuluh :

Bagian Daun : Saponin,tanin,glucoside,kalsium oksalat, sulfur, asam format.
Bagian Batang: tanin,sulfur,asam format, peroksida.

Khasiat untuk pengobatan:


  • Jerawat

siapkan 3 buah belimbing wuluh, cuci hingga bersih dan di parut lalu campurkan sedikit garam, letakan pada area yang berjerawat. lakukan 2 kali sehar.

  • Gusi berdarah: 

konsumsi beberapa kali buah belimbig wuluh bisa meringan kan gusi anda yang berdarah.

  • Darah Tinggi:

sediakan 3 buah belimbing wuluh, dan biji srigading 24 gram, cuci bersih, lalu tumbuk biji srigading sampai halus. lalu rebuslah belimbing wuluh yang di campur dengan biji srigading yang sudah di tumbuk tadi, tambahkan 4 gelas air. lalu saring, minumlah sehari sekali.

  • Mengkilapkan Kuku :
Ambil beberapa buah belimbing wuluh secukupnya lalu belah dua, gosok-gosok pada kuku, setelah itu cuci tangan, kuku akan tampak terlihat halus dan mengkilap.

Demikianlah sekilas info kesehatan dan khasiat yang bisa di ambil dari buah belimbing wuluh ini. kandungan nya yang bermanfaat buat kesehatan juga manfaat untuk bumbu masakan sebagai penganti rasa asam, untuk bumbu dapur lainya, jika untuk menganti rasa asam pada kuah masakan cukup 2 iris atau 3 iris saja, karena rasanya asam akan membuat masakan jadi kurang enak jika terlalu banyak mencampurkanya.


No comments:

Post a Comment