Saturday, February 14, 2015

Manfaat Brotowali

http://tips-obat-tradisional.blogspot.com/

Manfaat Brotowali ini cukup berguna bagi kesehatan. sudah sering kita temui di jamu-jamu gendong yang menggunakan tumbuhan ini. Brotowali disebut juga dalam bahasa ilmiahnya
Tinospora Crispa L. miers dan sering kita kenal dengan nama daerahnya butrawali,bratawali,putrawali,andawali,antawali, dan daun gandel. nama china nya shen jin teng.
tumbuhan ini perdu memanjat. mencapai 2,5 m. berduri lunak,bertangkai dan daun nya berbentuk jantung.

Tumbuhan Brotowali ini bisa di dapatkan di hutan, termaksud tumbuhan liar, di tempat yang bersuhu panas. tumbuhan ini banyak di konsumsi pada bagian batang, menanamnya pun tidak terlalu sukar,cukup menyetek bagian batang yang tua.

Kandungan kimia :
Alkaloid, damar lunak, pati,glikosida,pikroretosid, zat pahit pikroretin,harsa,berberin, dan palmatin.

Khasiat Brotowali:

Antiseptik pada luka,koreng dan kudis

bersihakn bagian yang luka atau koreng dengan menggunakan air rebusan batang Brotowali ini. bisa juga dengan daunya yang ditumbuk halus lalu menempelkanya pada bagian yang luka. ganti sampai 2 kali sehari.


  • Kudis pada anak-anak 

Rebuslah batang brotowali dengan 1 liter air, sebelum di rebus hendaklah mencuci bersih, dan di potong-potong. lalu rebus hingga mendidih, setelah itu angkat masukan kedalam campuran air mandi untuk anak. mandikan anak menggunakan air yang sudah di campur tadi, lakukan sampai kudis benar-benar sembuh.


  • Demam

ambil dua potong batang brorowali, rebus dengan dua gelas air sampai mendidih, sisakan sampai satu gelas, lalu angakat dan tambahkan madu secukupnya, dan minum sebanyak 2 kali sehari.


  • Penambah nafsu makan

siapkan beberapa helai daun brotowali, dan batangnya 30 gram lalu bersihkan, rebus dengan air  2000 cc, rebus hingga mendidih, dinginkan, lalu minum air rebusan tadi 1 kali sehari.

masih banyak lagi khasiat yang dihasilkan oleh tumbuhan Brotowali ini yang di share tadi salah satunya dari khasiat brotowali ini.

No comments:

Post a Comment