Sunday, February 15, 2015

Manfaat Jambu Biji

http://tips-obat-tradisional.blogspot.com/

Jambu biji selain rasanya yang enak, jambu biji juga sangat bermanfaat buat kesehatan, jambu biji bisa di kelola menjadi minuman segar dengan membuatnya menjadi jus.
Jambu biji dengan bahasa ilmiahnya adalah Psidium guajava L Untuk menanam jambu biji bisa dengan tunas yang sudah berakar atau dengan bijinya.

  • Kandungan
Daun: tanin, eugenol minyak asiri, minyak lemak,damar, zat samak, triterpinoid, asam atfel.
Buah:asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A,B1,dan C.


  • Diare
ambil 30 gram daun jambu biji, cuci bersih, lalu di rebus dengan 1 atau 2 gelas air, tambah kan segenggam tepung beras. tunggu sampai mendidih, setelah itu angkat dan dinginkan, minum air rebusan ini 2 kali sehari. selain ramuan tadi bisa juga menggunakan ramuan ini, ambil pucuk daun jambu biji yang muda, remas-remas dengan garam sampai hancur dan berair, dan perasairnya dan minum lakukan 2 kali sehari, biasanya jika hasil yang di peras di lakukan untuk anak-anak, jika orang dewasa cukup memakan daun jambu muda dengan campuran garam, remas-remas dan telan beserta ampas nya.
  • Sariawan
Rebus daun jambu biji segar, tambah satu jari kulit batang. tunggu hingga mendidih minum airnya. 2 kali sehari.
  • Luka atau borok
Lumatkan daun jambu biji, lalu tempelkan pada bagian yang terkena luka atau borok.
  • Kencing Manis
Ambil satubuah jambu biji yang masih mengkal, lalu di potong-potong lalu rebus dengan tiga gelas air, tunggu mendidih dan tersisa satu gelas air, angkat dan saring, lalu minum airnya setelah dingin lakukan dua kali sehari.
  • Ambeien
ambil pucuk daun jambu biji beberapa helai dan pisang batu, tumbuk hingga halus, sebelum menumbuk cuci bersih semua bahan dan pisang batu jangan di kupas. setelah halus peras dan minum airnya lakukan setiap hari agar ambeien benar-benar sembuh.
  • Kembung pada anak
petik daun jambu biji yang masih muda, 1/2 kulit batang pulosari, dan 5 butir andas, setelah bahan di cuci rebus bersama dengan lima gelas air tunggu sampai tersisa satu gelas air,  setelah itu saring dan minum airnya, untuk anak 3 tahun 3kali sehari cukup dua sendok makan saja, jika untuk dewasa satu gelas.

No comments:

Post a Comment