Sunday, February 15, 2015

Manfaat Cabe Jawa

http://tips-obat-tradisional.blogspot.com/

Khasiat cabe jawa, tidak seperti cabe lainya, bentuknya yang kasar karena bentuknya yang bentol-bentol kecil, akar seperti tanaman lada melekat, terdapat di indonesia. nama ilmiahnya Piper
retrofractum vahl. nama china nya Bi ba sebutan daerahnya, lada panjanga atau cabe panjang, cahe jamu,cabean,cabe arauy, cabe sula,cabi jamo,cabi onggu dan cabi solah.

Tanaman ini bersifat merambat, pada pepohonan, apapun yang di dekatnya. ditanam di tempat yang kering. penanaman nya pun bisa melalui bijinya atau setek batang bagian yang sudah tua.


  • Kandungan Kimia
Buah : zat pedas piperine,palmitic acids, tetrahydropi peric acids, 1-undecyleny-3, 4-mrthylenedioxy benzene,piperidine,minyak aisir, n-isobutil-decatrans-2trans-4-dienamide, dan sesamin.
Akar: piperine,piplartine,dan piperlonguminine.


  • Obat kuat atau obat untuk sehabis bersalin
sediakan 3 gram akar cabe jawa kering, tumbuk hingga halus,seduh dengan air panas, dinginkan lalu diminum 1 kali sehari.
  • Batuk, gangguan pencernaan, bronkhitis, ayan, demam,menguatkan paru-paru,lambung, jantung.
ambil 6 buah cabe jawa yang masih hijau, lalu cuci bersih dan keringkan dibawah sinar mata hari. cabe jawa yang sudah kering, tumbuk halus, tambahkan sedikit air hangat lalu beri madu secukupnya dan minum.


  • Liver
Rimpang lempuyang, tumbuk dan di peras, ambil airnya. campur dengan 3 buah cabe jawa halus lalu minumkan pada sipenderita.

  • Sakit Gigi
keringkan beberapa buah cabe jawa, lalu tumbuk halus, ambil bubuk ramuan tadi masukan kedalam lubang gigi yang sakit.

  • Sakit ulu hati, muntah, diare,disentri, hidung berlendir, sakit kepala.
keringkan beberapa buah cabe jawa, dan haluskan atau di tumbuk, seduh dengan air hangat, dan minum. 

demikian lah pengobatan tradisional dengan memakai cabe jawa, semogga bisa bermanfaat jika tips ini yang anda cari.


1 comment: