Sunday, February 15, 2015

Manfaat Jahe

http://tips-obat-tradisional.blogspot.com/

Tumbuhan Jahe sudah tidak asing lagi, banyak kita jumpai di dapur sebagai bumbu masak, nama ilmiahnya Zingiber officinale Rosc, tumbuhan jahe ini dapat berumur tahuanan,
berasal dari asia selatan. ciri-ciri tumbuhan ini berbatang teggak terdiri dari daun-daun yang berlipat-lipat membentuk batang. berkisar 1 meter, daun panjang lancir kecil- kecil.

Tanaman jahe biasanya cocok tumbuh di tempat yang lembab, dan terkena sinar matahari. karena tanah yang lembab akan membuat tumbuhan jahe subur.
untuk menanamnya pun bisa dengan umbinya ataupun tunas nya. jika ingin menanamnya di pot agar cepat tumbuh ambil tunas nya yang baru puncul lalu tancapkan dengan umbinya kedalam pot, hanya muncul tunasnya saja, tanah yang di pilih biasanya yang cocok bekas membakar sampah yang menghasilkan tanah hitam pekat karena tanaman apapun yang di tanam akan tumbuh subur.
jika menanam di pot, jangan sampai pot tergenang air, karena tanaman ini akan gagal tumbuh karena umbi yang baru di tanam membusuk.

Kandungan Jahe :

 Minyak asiri yang terdiri atas n-nonylaldehide, d-camphene, d-b phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, garaniol, linalool, acetates, caprylate, citral, chavicol, zingiberene.
selain itu juga mengandung tepung kanji, serat,dan resin.

Manfaat Jahe


  • Rematik
Siapkan 1 atau 2 buah rimpang/ umbi jahe, cuci bersih, panaskan di atas api atau panggang, setelah itu di tumbuk halus, lalu tempelkan ramuan tadi pada bagian yang terkena rematik.
  • Eksim
parut lobak, parut jahe dan peras ambil air sari jahe, lalu campur dengan parutan lobak tadi, aduk-aduk, gunakan ramuan ini untuk obat oles pada eksim. lakukan sampai eksim membaik. biasanya penggunaan selama dua minggu eksim pun akan berkurang.
  • masuk angin

Parut jahe yang sudah di bersihkan, beri 1 gelas air, campur dengan gula merah aduk-aduk dan minum. jika ingin rasa yang lebih enak, ambil beberapa gram jahe cuci bersih lalu di keprok masukan kedalam panci beri 4 gelas air. rebus hingga mendidih, waktu mendidih masukan gula merah secukupnya aduk-aduk biar gula merah hancur. setelah tercampur rata angkat dan di saring, minum air rebusan jahe tadi hangat-hangat. bekas rebusan tadi jangan di buang bisa di gunakan satu kali lagi rebusan. air rebusan ini bermanfaat sekali untuk menambah nafsu makan, masuk angin, dan menghangatkan tubuh.



No comments:

Post a Comment