Sunday, February 15, 2015

Manfaat Daun Dewa

http://tips-obat-tradisional.blogspot.com/

Tumbuhan yang bernama Daun Dewa ini termaksud tumbuhan liar, yang bisa di temui di hutan atau di pekarangan rumah. tumbuhan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. bagi orang-orang yang
tinggal di Desa mungkin seudah biaebutan ilmiahnyasa menemui tumbuhan ini, tapi bagi yang di kota, mereka malah membudidayakan tanaman ini, menanamnya di pekarangan rumah, atau para pengelola obat-obatan tradisional.

Sebutan ilmiahnya tumbuhan Daun dewa ini Gynura segetum(lour) merr. nama chinanya san gi cao.
sebutan daerah, beluntas cina, samsit.
ciri-ciri tumbuhan ini berbatang kecil tegak, tinggi sekitar 10-50 meter. daun tunggal tepi berlekuk-lekuk, bunga berwarna kuning, umbinya berwarna keabu-abuan.

Kandungan
Saponin, minyak asiri,flavonoid.


  • Digigit ular, atau binatang lainya.
Ambil bebera umbi daun dewa, cuci bersih, lalu lumatkan dan tempelkan pada bagian yang terkena gigitan  serangga atau binatang lainya.
  • Kutil
ambil beberapa daun dewa, cuci bersih, tumbuk halus, lalu lumurkan pada bagian yang terkena kutil tadi. balut dengan kain, biarkan sampai keesokan harinya dan bersihkan.
bisa memakai ramuan ini sampai kutil benar-benar hilang.
  • Luka Memar
ambil 30 gram daun dewa, tumbuk halus, lalu ambil airnya dengan di peras, bisa juga dengan di rebus, beri sedikit arak, pakaikan ramuan ini untuk kompresan pada luka yang memar.

demikianlah sebagian dari khasiat daun dewa ini, masih banyak manfaat lainya dari tumbuhan daun dewa ini, air rebusan daun dewa ini berkhasiat juga untuk kesehatan kita.

No comments:

Post a Comment