Thursday, January 15, 2015

Mengobati Payudara Mengeras


Para ibu-ibu yang baru melahirkan tak jarang mengalami pengerasan pada payudara, itu di sebabkan asi terlalu banyak, atau jarang memberikan asinya pada bayi nya.
akibat dari pengerasan payudara bisa mengganggu kesehatan sang ibu, dengan contoh ibu akan
terserang demam dan mengigil.

Hal mudah yang harus anda lakukan adalah mengopres payudara dengan air hangat, sambil membuang air susu yang sudah basi karena mengeras tadi.
putar-putar payudara dengan telapak tangan lalu buang air susu, hal tersebut di lakukan agar pengempesan pada bengkak terjadi rata.

Pada saat payudara mengeras puting susu akan terasa sakit dan lecet, jika terjadi lecet sebaiknya sang ibu membilas puting susu setelah menyusui.
Jangan menggunakan Bra yang terlalu ketat, lepas kan perlahan-lahan sehabis menyusui, bisa juga menggunakan cara ini untuk mengeringkan luka pada puting susu, ambil sebuah kunyit, kupas kulitnya dan tumbuk halus, beri satu sendok minyak makan, campurkan dalam satu mangkuk kecil dan aduk rata, setelah bayi tidur oleskan ramuan ini, jangan lupa membilas bersih sebelum menyusui dan sesudah menyusui dan oles kan kembali ramuan tadi, luka lecet di puting susu ibu akan cepat mengering.

cara pencegahanya, berikan asi secara rutin pada bayi, saat kita merasa asi sudah mulai membanyak segera berikan asi pada bayi anda, apa bila bayi tidak mau karena kenyang, kompres asi dan memerasnya, namun bagi yang kekurangan asi berikan terus menerus asi karena bisa memicu keluarnya air asi.

asi sangat penting bagi bayi, untuk menjaga kekebalan tubuhnya agar tidak mudah sakit, para sang ibu wajib mengontrol makanan yang di konsumsi, seperti perbanyak makan-makanan yang bergizi seperti sayuran ,seperti daun katu dan pepaya muda di masak bening,buah-buahan, dan meminum susu untuk menambah asi.

No comments:

Post a Comment