Thursday, January 15, 2015

Mengobati anak mencret


Anak-anak sering sekali bermain, ibu-ibu sebaiknya mengawasi anak-anak balita yang bermain karena mereka sering sekali memasukan sesuatu ke dalam mulut apa yang di temuinya, mainan atau
makanan yang jatuh di lantai, mata mereka cukup jeli melihat makanan kecil yang jatuh di lantai dan memakan nya, hal ini bisa menyebabkan anak terserang virus yang menyebabkan anak mencret.
Anak mencret bisa juga karena tidak cocok dengan makanan yang di konsumsinya, sebaiknya ibu menghindarkan makanan tersebut, misalnya ibu mencoba prodak susu baru untuk si kecil, tapi malah si bayi mencret karena susu tersebut tidak cocok buatnya.

segeralah membawa anak kedokter jika mencret tidak kunjung sembuh dalam satu hari, karena badan anak yang terserang mencret akan terasa lemas, dan rewel.
alternatif lain saat anak baru terserang mencret, buat oralit sendiri dengan mencampur gula dan garam di beri air hangat, lalu meminumkanya sampai habis pada anak.

yang perlu di perhatikan sang ibu jangan terlalu sering memberikan susu dengan asupan yang kurang tepat ikuti dosis pemakaina susu buat anak.
saat anak mencret gantilah susu dengan susu yang di anjurkan dokter di saat bayi terserang mencret atau diare. hal semacam inilah yang membuat ibu yang memberikan asi takan di repotkan dengan masalah susu bagi anak. walau anak diare asi tetap berlanjut tanpa di hentikan.

Untuk mengobati mencret anak secara tradisional banyak cara yaitu dengan memberi anak air tajin kental yang berfungsi menghambat diare, atau dengan teh kental pahit setengah gelas kecil, bisa juga dengan kuncup daun jambu biji dengan cara di tumbuk dan peras airnya untuk di minum.

Berbagi pengalaman dari dokter pribadi anak saya, mereka menyarankan untuk tidak memberikan anak sayuran dan buah-buahan waktu mencret karena akan memperlambat sembuhnya mencret anak.
jauhkan sementara anak dari makan-makanan ringan seperti roti atau biskuit, bagi anak 1 tahun yang biasa mau memakan segala makanan yang ada seperti orang dewasa. biasakan mencuci tangan anak dengan sabun sebelum memeggang makanan. semogga tips di atas bisa membantu mengobati diare anak.




No comments:

Post a Comment